IP

Jumat, 11 Januari 2013

Sejarah hidup guee .


Assalamualaikum wr.wb

Pertama – tama saya panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman,sehat,hidup dan lain – lain sehingga pada kesempatan ini saya dapat menulis biografi tentang diri saya, tak lupa sholawat serta salam tercurah kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta sahabat dan InsyaAllah kepada kita semua.Amiin


Selanjutnya saya akan menceritakan kisah hidup saya atau yang biasa sering kita sebut sebagai biografi.Saya bernama Eka Rangga Ardibrata yang lahir pada tanggal 08 November 1994 di Jakarta ,saya adalah anak tunggal atau anak satu – satunya.Dan saya akan menceritakan kisah hidup saya dari waktu saya kecil sampai saat ini.Pada waktu saya baru lahir hingga berumur 4thn saya tinggal di jawa bersama kakek dan nenek saya dan kakak sepupu saya sedangkan orang tua saya sudah berada di Depok untuk bekerja disana.Dan akhirnya ketika saya berumur 5thn saya mulai diajak tinggal di Depok bersama kedua orang tua saya dan saya pun akhirnya tinggal di depok.Saya mengenyam pendidikan saya dari TK pada tahun 1999 pada saat saya berumur 5 tahun dan setelah itu saya melanjutkan sekolah SD yang tepatnya di SDN Beji IV Depok – Jawa Barat sejak tahun 1999-2005 dan setelah saya lulus SD akhirnya saya melanjutkan ke jenjang SMP yang tepatnya di SMP Harapan Massa depok sejak tahun 2005-2008 disini saya memiliki kenang – kenangan yang sangat indah yang tidak bisa saya lupakan.
Saya mulai banyak mengenal teman – teman dari mana saja,dan saya pun mendapatkan ilmu – ilmu yang baru.Memang pada awalnya masih malu – malu,ya mungkin karena masih anak baru disekolah tetapi pada akhirnya saya sudah bisa membiasakan diri dengan teman  - teman yang lain dan di SMP lah saya pertama kalinya merasakan MOS atau Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disebut dengan MOPD atau OSPEK.Pada saya Mos atau ospek saya sudah dilatih kedisiplinan oleh kakak – kakak kelas, memang ada kesan – kesan tersendiri di masa – masa waktu mos tersebut dari yang dikerjai oleh kakak – kakak osisnya sampai ada yang menangis,biasanya mereka yang terkena kerjaan dari kakak- kakak tersebut adalah mereka yang berulang tahun pada hari itu sampai ada yang menangis dikerjai.Mos diadakan bukan semata – mata untuk ajang balas dendam para senior – senior yang dulu juga sempat dikerjai oleh senior – senior yang sebelumnya,tapi mos diadakan untuk menjalin atau saling mengenal teman satu sama lain dan juga melatih kedisiplinan siswa dan siswi tersebut disekolah.
Pada saat saya masih kelas satu smp saya masih  malu – malu dan akhirnya pada saat saya kelas dua smp saya mulai mencoba membaur dengan yang lainnya dan mencoba untuk membiasakan dengan mereka dan pada saat saya kelas dua smp saya pertama kalinya mengikuti oraganisasi dan eskul yang ada disekolah pada saat itu saya pernah menjadi anggota OSIS dan saya mulai mengenal apa itu yang dinamakan OSIS.OSIS adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dariSekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.
Dan setelah itu saya juga mengambil eskul yang ada di sekolah,eskul adalah kegiatan ekstra kulikuler yang diadakan di sekolah SMP dan SMA guna untuk menunjang prestasi atau bakat yang dimiliki oleh para siswa dan siswi yang ada disekolah.Pertama kalinya saya mengikuti eskul pencak silat dan rohis,kedua eskul tersebut adalah eskul yang sangat menyenangkan bagi saya,karena eskul tersebut dapat memeberikan tambahan ilmu baru selain ilmu yang diberikan guru dikelas.
Selain mendapatkan eskul dan yang lainnya di SMP lah saya juga pertama kalinya mendapatkan praktik tambahan seperti praktik komputer dan praktik lab bahasa inggris,disini saya juga dapat mempraktikkan pelajaran yang sudah diajarkan dikelas dan dipraktikkannya di lab. Disini praktikum guna untuk menunjang bakat para siswa dan siswi disekolah.
Setelah itu saya pun beranjak ke kelas 3 SMP disini saya ditekankan untuk fokus ke pelajaran karena di kelas 3 waktunya sangat sebentar saja karena di kelas 3 akan menghadapi UN (Ujian Nasional) dan US (Ujian Sekolah) kedua ujian terebutlah yang akan dihadapi dikelas 3 tersebut karena ujian tersebut yang akan menentukan para siswa lulus atau tidak.Sebelum menjelang UN disekolah diadakan pelajaran – pelajaran tambahan guna untuk melatih para siswa dalam menghadapi UN bukan hanya pelajaran tambahan saja yang diadakan di sekolah,tetapi juga ada  yang namanya TRY OUT atau mungkin bisa disebut sebagai latihan atau simulasi UN.TRY OUT diadakan bukan hanya dari pihak sekolah saja tetapi dari pihak bimbingan belajarpun memberikan sumbangan TRY OUT ke sekolah – sekolah ,TRY OUT diadakan guna untuk melatih siswa dan siswi untuk menghadapi UN, agar saat UN nanti para siswa dan siswi sudah siap dan tidak ada rasa takut lagi.Dan akhirnya saya pertama kalinya merasakan apa itu yang namanya Ujian Nasional yang waktu itu hanya 4 mata pelajaran saja yang diujikan seperti: Matematika, B.Indonesia, B.Inggris dan IPA memang saat UN adalah saat yang sangat menegangkan,karena UN adalah salah satu faktor penentu kelulusan tetapi kita tidak boleh panik atau merasa takut yang berlebihan, kita harus tenang,hati - hati dan percaya diri  dalam mengerjakan soal – soal UN, karena apabila kita terbebani dengan rasa takut yang berlebihan dan kita tidak percaya diri itu bisa menyebabkan UN kita menjadi kacau dan akhirnya dapat berakibat fatal bagi kita,karena kita tidak bisa lulus.
Setelah saya mengikuti UN setelah beberapa minggu saya mendapat pengumuman dari pihak sekolah dan akhirnya saya pun dinyatakan lulus dan mendapatkan nilai yang cukup memuaskan,saat itu para siswa dan siswi pun bergembira melihat hasil ujiannya dan terutama saya yang merasa sangat bahagia dan menimbulkan kesenangan tersendiri bagi saya dan keluarga saya.
Dan setelah beberapa minggu pasca kelulusan akhirnya tiba saat – saat pendaftaran kejenjang SMA dan SMK pada saat itu pilihan saya adalah ingin meneruskan ke SMK karena di SMK kita mendapatkan ilmu – ilmu yang lebih dibandingkan dengan SMA, bukan maksud saya untuk menjelek –jelekkan SMA, kedua – duanya juga bagus antara SMA dan SMK tetapi saya telah memilih jalan saya untuk meneruskan ke SMK.Dan pada waktu itu saya mendaftar di SMK Negeri 2 Depok di tahun ajaran 2008-2011.Saya mengikuti berbagai prosedur yang ada di SMK tersebut seperti mengisi formulir,tes warna dan melengkapi berkas – berkas yang sudah ditentukan dari pihak SMK tersebut,setelah semua prosedeur sudah terlengkapi akhirnya saya mengambil jurusan TAV (Teknik Audio Video ) ini adalah salah satu jurusan yang saya ambil di SMKN 2 tersebut yang terdiri dari 4 jurusan seperti : TAV, Teknik Listrik,Tata Boga dan Tata Busana.Setelah mengikuti berbagai prosedur akhirnya saya menunggu hasil jurnal atau seleksi di SMKN 2 tersebut, memang dalam sekolah SMA dan SMK negeri menggunakan sistem jurnal untuk menerima calon siswanya.Dan akhirnya setelah seminggu saya pun melihat jurnal saya di Dinas pendidikan,dan ada pula orang – orang yang lain melihatnya langsung disekolah.Akhirnya saya melihat nama saya yang ada di daftar jurnal tersebut dan nama saya pun masih ada, itu tandanya saya diterima di SMKN 2 tersebut,saya pun merasa sangat senang sekali dapat diterima di SMKN 2 tersebut.
Setelah itu saya pun masuk kesekolah pertama kalinya di SMK waktu itu masih mengenakan seragam SMP, karena disekolah pertama saya mendapatkan MOPD lagi,akhirnya mau tidak mau saya pun mengikuti MOPD tersebut tetapi MOPD di SMK itu berbeda sekali dengan MOPD yang saya alami di SMP,kalau MOPD di SMP hanya biasa – biasa saja tetapi di SMK ada tambahan seperti : Demo dari setiap jurusan – jurusan yang diperlihatkan oleh kakak – kakak seniornya dan juga eskul – eskul yang diperlihatkan oleh kakak – kakak seniornya.Setelah 3 hari mengikuti MOPD selanjutnya saya mengikuti kegiatan yang berikutnya seperti LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan ) yang gunanya untuk melatih kedisiplinan para siswa dan siswi di SMK, saya mengikuti LDK selama 3 hari di Bogor.
Dan akhirnya hari pertama saya masuk ke sekolah mengenakan seragam putih abu –abu dan mengikuti pelajaran yang ada disekolah.Di SMK terdapat 3 pelajaran yang terbagi seperti pelajaran Adaptif,Normatif dan Produktif.Pelajaran Adaptif adalah pelajaran yang aktif seperti: Matematika, B.Indonesia dan B.Inggris.Sedangkan pelajaran normatif adalah pelajaran yang biasa didapat diekolah seperti : Agama, PPkn, IPA ,IPS, TIK, Penjaskes, Kesenian dan Budaya dan fisika kimia.Dan pelajaran Produktif adalah pelajaran yang menjurus ke Jurusan yang kita ambil,misalnya saya mengambil jurusan TAV (Teknik Audio Video ) yang meliputi : Digital,elektronika dasar dll.Di SMK ketiga pelajaran tersebut harus terpenuhi semua dengan nilai – nilai yang cukup bagus terutama di pelajaran produktif yang sesuai dengan jurusan yang saya ambil itu harus minimal 7,00 karena apabila salah satu pelajaran produktif saya ada yang masih dibawah 7,00 maka saya belum dinyatakan lulus.
Waktu saya kelas 1 SMK saya mulai belajar seperti biasanya dan akhirnya saya pun diperkenalkan dengan pelajaran baru seperti pelajaran elektronika dasar yang sesuai dengan jurusan yang saya ambil tidak hanya mendapatkan pelajaran tentang jurusan TAV tersebut saya juga mendapat pelajaran B.Jepang,pelajaran – pelajaran yang baru – baru tersebut sangat mengasyikkan bagi saya karena mungkin ini pertama kalinya saya mendapat pelajaran – pelajaran baru disekolah.Tidak hanya pelajaran – pelajaran baru yang saya dapat,di SMK saya juga dapat mengenal banyak teman dari mana saja.
Waktu kelas 1 saya juga sudah mendapatkan jadwal praktik sesuai dengan jurusan saya, misalanya pada waktu itu saya membuat sebuah alat elektronika dasar seperti amplifiier dan rangkaian lampu disco yang diajarkan guru produktif saya.Setelah itu saya pun naik kelas ke kelas 2, disini saya lebih meningkatkan praktik – praktik TAV dibandingkan dengan waktu kelas 1 yang masih banyak teori,ya karena masih masa perkenalan jadi maklum masih banyak teori – teori dasar yang harus diketahui.Dan dikelas 2 ini praktiklah yang harus ditekankan karena nanti pada saat kelas 3 ada yang namanya Ujian Produktif dan pengawasnya pun dari pihak perusahaan luar bukan dari sekolah.Dan di kelas 2 ini saya mendapatkan apa itu yang dinamakan PRAKERIN Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang
dilaksanakan di Dunia usaha dan dunia industri yang masih relavan dengan kompetensi siswa
Adapaun fungsi diadakannya Prakerin adalah:
- Mengimplementasikan materi yang selama ini dipelajari di sekolah
- Membentuk pola pikir yang konstruktif bagi siswa
- Melatih siswa untuk berkomunikasi/berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya
- Membentuk etos kerja yang baik bagi siswa
- Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI)

Kewajiban siswa ditempat kerja:

1. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang disepakati
2. Mematuhi setiap instruksi di tempat kerja
3. Melakansakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
4. Menjaga nama baik DU/DI dan Almamater
5. Melakukan observasi dan penelitian yang mempunyai tujuan positif
6. Bertanya kepada pihak yang kompeten apabila kurang paham/tidak mengerti
Singkat cerita akhirnya saya pun naik ke kelas 3 dan di kelas tiga sudah mulai fokus terhadap ujian – ujian di kelas 3 juga banyak ujian – ujian seperti UN,US,UN Produktif dan Ujian Praktik Produktif.Jika dalam US dan UN yang diujikan hanyalah pelajaran – pelajaran biasa pada umumnya sedangkan UN produktif adalah ujian yang berdasarkan pelajaran produktif sesuai dengan jurusan yang saya ambil dan Ujian Praktik Produktif adalah ujian yang diamana kita harus membuat salah satu alat elektronika dan diujikan kemampuan dari alat yang sudah kita buat tersebut.Waktu ujian prktik tersebut semua jurusan TAV membuat sebuah rangkaian Amplifier TDA 2030.Dan kita semua diberikan waktu 3 hari untuk membuat alat tersebut.Dan akhirnya setelah 3 hari,tibalah saatnya pengujian alat tersebut dan akhirnya Amplifier saya diterima dan kualitasnya sangat bagus dan akhirnya saya pun lulus ujian praktik produktif dan ujian nasional produktif.
Akhirnya saya pun lulus dari SMK N 2 Depok pada tanggal 16 Mei 2011 saya pun merasa bangga dengan hasil yang saya dapat.Masih banyak kenangan – kenangan yang begitu manis di masa Putih Abu – abu tersebut yang tidak bisa saya lupakan.Setelah lulus waktu memang terasa sangat cepat,memang rasanya baru kemarin saya masuk SMK tetapi sekarang saya sudah lulus dan menjadi alumni,saya menjadi terharu jika mengingat masa – masa saya di SMK.
Setelah saya lulus dari SMK pilihan ada ditangan saya waktu itu ada dua pilihan mau melanjutkan kerja ataukah kuliah, dan sebelumnya saya pernah magang disuatu perusahaan kecil dari rekomendasi teman saya hanya 2 hari saja karena saya sudah mendaftar kuliah di Universitas Gunadarma,tempat dimana saat ini saya kuliah disitu.
Akhirnya sekarang saya sudah menjadi mahasiswa di Universitas Gunadarma.
Sekian biografi yang saya tulis mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisannya dan semoga bagi para pembaca dapat bermanfaat dari cerita diatas.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar